Entri Populer

Sabtu, 19 November 2011

Gejala Asam urat




Asam urat itu apa sih? Asam urat merupakan kondisi yang menyerang persendian. Penyakit ini timbul karena akibat dari sisa metabolisme yaitu zat purin dari makanan yang kita makan berlebihan, sehingga purin tersebut di olah tubuh menjadi asam urat. Hal tersebut dikarenakan ginjal tidak mampu memproses sehingga kristal asam urat menumpuk di bagian persendian. Zat purin sendiri berasal dari makanan hewani termasuk sayuran, buah-buahan dan biji-bijian bisa juga purin dihasilkan oleh tubuh kita.
Penyakit ini jika tidak ditangani dengan segera dapat berakibat penurunan kualitas hidupnya. Sebaiknya jika anda mengalami penyakit ini lebih baik segera di atasi. Sebab dapat berdampak pada kelumpuhan atau kecacatan, untuk mengtahuinya disini kami akan bahas beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Menurut mitos penyakit ini menyerang orng tua, namun ada yang menyebutkn penykit ini juga dapat menyerang para remaja.

Gejala

Gejala awalnya biasanya akan terasa pegal-pegal dan mudah capek selanjutnya akan merasakan kesemutan atau nyeri otot. Memang gejala tersebut pada awalnya, namun jika gejala yang penyakitnya sudah larut akan terasa pegal linu yang parah, kaku di sekitar sendi dan sering buang air kecil. Selain itu jika penyakitnya berlanjut akan berakibat pembengkakan di sekitar sendi umumnya menyerang sendi pergelangan tangan. Walaupun dalam teori sepertinya tidak membahayakan, namun dari situlah jika tidak di tangani dengan segera akan berakibat kelumpuhan.
Jika anda merasa mengalmi gejala-gejala di atas sebaiknya tangani lebih awal agar mudah untuk mengobatinya. Sebab jika asam urat tersebut sampai menyerang bagian ginjal akan berakibat susah buang air kecil (kecing batu). Untuk lebih pastinya anda terkena penyakit ini sebaiknya periksakan ke rumah sakit terdekat. Sebaiknya juga anda menghindari makanan yang mengandung purin seperti kelapa, santan, alkohol, jeroan, susu kacang, durian, kacang-kacangan dan lain sebagainya.
Sebaiknya imbangi juga dengan berolah raga, sebab penyakit ini jika sudah menjadi akut akan menyerang ginjal juga. Jika fungsi ginjal sampai rusah akan berakibat fatal, sebab bisa juga memicu penyakit lainnya seperti serangan jantung. Untuk itu sebelum terlanjur sampai ke akut sebaiknya tangani lebih dini akan mempermudah penyembuhan dari pada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar