Entri Populer

Sabtu, 19 November 2011

Makanan penderita diabetes


 
Sebetulnya tidak ada makanan yang khusus bagi penderita diabetes. Tapi makanan yang dianjurkan itu perlu. Karena dapat membantu penyembuhan secara cepat tujuan utama menjaga kadar glukosa darah pada batas normal. Ada pula makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita tersebut. Mari kita bahas makanan apa saja yang baik bagi penderita diabetes :

1. Bawang merah
Kandungan bawang merah memiliki kekuatan untuk menurunkan kadar gula darah dan dayanya dimiliki pada kadar yang ditemukan dalam makanan. Bawang merah baik berupa jus atau masih utuh mendapatkan bahwa makin banyak bawang merah yang diberikan, makin besar gula darah yang berkurang. Tak ada perbedaan antara bawang merah mentah dan bawang merah yang telah direbus.

2. Susu
Ilmuwan dari Universitas Harvard mengidentifikasi bahwa sebuah substansi alami yang terkandung dalam lemak susu mampu mengurangi risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Substansi itu adalah asam trans-palmitoleic, yaitu asam jenuh yang ada dalam susu, keju, yoghurt, dan mentega. Bahan itu tidak diproduksi makanan lainnya. Namun, karena produk susu juga mengandung lemak jenuh, Dariush menyarankan untuk mengombinasinya dengan mengonsumsi sayuran dan daging.

3. Wortel
Wortel kaya akan nutrisi, umbi yang berwarna orange ini selain bagus dikonsumsi untuk kesehatan mata ternyata wortel menyimpan segudang manfaat. Tubuh membutuhkan beta karoten, dan wortel merupakan sayuran yang kaya akan kandungan zat ini. Jangan mengabaikan kebutuhan buah-buahan dan sayuran karena dapat menyebabkan masalah lain yang lebih besar.

4. Alpukat
Alpukat yang rendah karbohidrat dan mengandung lemak sehat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada wanita dan orang yang sudah memiliki risiko tinggi. Tingginya kadar vitamin E dalam alpukat juga meningkatkan aksi insulin dengan menghambat pengikatan glukosa menjadi lipoprotein low density.
5. Tomat
Bukan tanpa alasan mereka Begitu besa mengkonsumsi Tomat. Kandungan Senyawa Likopen, Betakaroten, Vitamin C dan A, yaitu anti oksidan yang meresap keseluruh tubuh untuk Melawan dan menetralkan Radikal bebas yang Merusak sel dan Dinding sel. Sehingga Tomat Mampu Mencegah kerusakan pembuluh darah, diabetes yag bersifat kompleks, asma dan kanker.

6. Stroberi
Stroberi memainkan peranan dalam diet orang yang menderita diabetes. American Diabetes Association menyebut buah berry termasuk stroberi sebagai ‘super food’ karena memiliki indeks glikemik rendah, yaitu 40 untuk 120 g stroberi. Stroberi juga mengandung banyak serat, nutrisi dan antioksidan. Makan stroberi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, risiko yang serius bagi penderita diabetes.

7. Kentang
Kentang adalah makanan yang baik. Hanya saja berhati-hatilah dengan apa Anda memakan kentang. Jangan sampai teman makan kentang merupakan makanan berkadar gula tinggi. Kentang merupakan makanan yang sempurna dan menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

8. Jeruk Bali
Jeruk Bali memiliki indeks glikemik 25 per 120 gram, ini bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin, suatu fitur penting karena insulin membantu melepaskan gula ke dalam aliran darah dan secara langsung berdampak pada kadar gula darah. Jeruk Bali meningkatkan cadangan alkali dalam darah, yang dapat melawan tingkat keasaman diabetes pada penderita diabetes.

9. Apel
George Mateljan Foundation untuk World’s Healthiest Foods mengutip sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food edisi September 2010, menunjukkan enzim dalam apel mempengaruhi pencernaan karbohidrat, yang mengurangi penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan dan merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Kondisi ini akan membantu Anda lebih menyeimbangkan kadar gula darah.

10. Zaitun
Minyak zaitun dapat memangkas jumlah kolessterol “jahat”, disamping trigleserida yang merupakan penyusun lemak tubuh.Paada gilirannya, hal ini dapat membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit tipe 2 yang dapat dikendalikan dengan melakukan perubahan menu makan dan cara hidup. Minyak zaitun dapat menurunkan tingkat gula darah anda.Mengapa?Efek baiknya mungkin dari fakta bahwa minyaak zaitun sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh tunggal. Jamu akar zaitun juga sebagai obat herbat diabetes mellitus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar