Entri Populer

Sabtu, 19 November 2011

Penyebab penyakit kista



Penyakit yang tergolong tumor ini pada umumnya menyerang kaum hawa. Hal ini dikarenakan penyakit kista sendiri merupakan penyakit yang pada umumnya tumbuh di indung telur dan berisi cairan seperti balon. Namun kista tersebut tidak hanya tumbuh di ovarium/indung telur, melainkan bagian lain dapat tumbuh kista, misalnya saja usus, paru-paru maupun sampai otak. Kista tersebut terjadi karena terdapat penyumbatan sehingga menyebabkan penimbunan cairan. Pada penyakit ini tingkat keganasan dibagi menjadi dua macam, yaitu kista non-neoplastik dan kista neoplastik.
Kista non-neoplastik merupakan kista yang bersifat jinak atau tidak membahayakan biasanya akan menghilang dalam kurun waktu sekitar 2 hingga 3 bulan. Sedang neoplastik merupakan kista yang bersifat membahayakan dan dalam penyembuhannya harus di tangani oleh para medis hingga dioprasi, akan tetapi tergantung pada sifat dan ukuran kista tersebut. Sebagian besar penyakit ini tumbuh disebabkan perubahan kadar hormon pada saat produksi, pelepasan sel telur dari ovarium dan selama haid. Namun bagi anda yang pernah mengalami kista sebaiknya hati-hati walaupun penyakit tersebut sudah di tangani/oprasi, sebab penyakit tersebut dapat muncul kembali.
Penyakit ini juga dikatakan penyakit yang dapat diturunkan dari orang tua yang dalam sejarahnya pernah terjangkit penyakit ini. Penyakit kista dibagi menjadi empat yaitu Kista fungsional, cokelat (endometriosis), dermoid dan kista kelenjar (cystadenoma). Namun walaupun begitu penyakit kista dapat di cegah, yaitu dengan menjaga pola makan sehat (sayuran dan buah-buahan), menjaga pola hidup, rajin berolah raga, mejaga kebersihan (terutama kebersihan tubuh).
Walaupun penyakit ini terbilang jinak namun jika dibiarkan dapat berpotensi mejadi penyakit ganas. Sehingga jika sampai penyakit tersebut sudah mulai ganas perlu penanganan yang serius hingga di oprasi. Nah sebelum penyakit tersebut mulai ganas sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu. Seperti konsumsi makanan atau minuman yang memiliki antioksidan yang lebih.
Penyebab penyakit kista sendiri belum ditemukan secara pastinya, namun ada beberapa pemberitahuan yang mengatakan penykit tersebut disebabkan oleh radikal bebas (polusi udara atau debu). Polusi udara yang terdapat dioksin akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga akan membantu timbulnya penyakit-penyakit termasuk kista. Selain dari radikal bebas juga ada fakto lainnya, yaitu makanan yang mengandung lemak berlebihan (lemak tidak sehat) sehingga mengakibatkan zat-zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme dan akan meningkatkan hormon testosteron.
Penyakit ini muncul pada umumnya ditandai rasa nyeri sewaktu haid, sering merasa ingin buang air besar/kecil dan jika penyakit tersebut mulai membesar akan terdapat benjolan pada daerah perut. Namun walaupun begitu penyakit kista juga dapat pecah, contohnya saat berhibungan suami istri jika pecah akan terasa nyeri pada penderitanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar