Entri Populer

Sabtu, 19 November 2011

Gejala penyakit jantung


Organ yang berbentuk otot dan kerucut ini ternyata dapat terserang penyakit. Jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita, namun karena pola hidup yang kurang baik terkadang dapat menyebabkan penyakit jantung muncul. Selain itu penyakit jantung sendiri juga dapat timbul karena penyakit lainnya, seperti penyakit ginjal atau darah tinggi. Penyakit jantung sendiri merupakan penyakit pembunuh nomer satu di dunia, untuk itu sayangilah jantung anda.
Penyakit yang satu ini dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, anak kecil, pria maupun wanita. Dari semua golongan manusia dapat terserang penyakit jantung. Pada umumnya penyakit jantung timbul karena pola hidup yang kurang sehat sehingga memicu timbulnya penyakit ini, selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat berdampak pada kesehatan jantung pula. Namun jika anda sudah terkena penyakit jantung atau sudah merasakannya sebaiknya kenali gejalanya terlebih dahulu untuk memastikannya.

Sesak nafas
Jika anda mengalami sesak nafas sebaiknya waspadai penyakit yang menyerang anda tersebut. Biasanya gejala ini terdapat pada penyakit asama, namun sesak nafas juga termasuk gejala penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan pada penyakit jantung terkadang keluar semacam cairan ke dalam rongga paru-paru sehingga mengganggu udara yang masuk ke paru-paru dan berakibat sesak nafas. Namun jika anda mengalami sesak nafas disaat istirahat bisa dikategorikan anda terkena penyakit jantung kronis/tingkat lanjut.

Mudah pusing dan pingsan
Banyak orang mengatakan bahwa gejala penyakit jantung adalah mudah pusing dan pingsan, yah itu memang benar. Pada umumnya para penderita penykit jantung akan mengalami gejala tersebut, hal ini disebabkan karena sistim kerja otot jantung melemah sehingga darah yang dipompa tidak normal dan pasukan darah bersih ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Nah karena itu biasanya para penderitanya mudah pusing dan pingsan.

Nyeri
Sebaiknya anda kenali juga gejala yang satu ini, yaitu rasa nyeri dibeberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan kurangnya suplai pasokan darah/sesuai kebutuhan ke beberapa bagian tubuh sehingga berdampak terjadinya kram atau rasa nyeri. Selain itu dada juga akan terasa nyeri, nyeri yang terjadi akan terjadi setiap hari. Sebaiknya jika anda mengalami gejala ini disertai gejala lainnya segera periksa ke dokter.

Palpitasi (jantung berdebar-debar)
Selain gejala-gejala di atas ada juga gejala lainnya yaitu jantung akan terasa berdebar-debar. Memang wajar jika jantung berdebar-debar sebab penykit tersebut juga menyerang bagian jantung. Namun gejala ini muncul bukan karena disebabkan oleh nonton film ya, melainkan gejala tersebut akan muncul bersamaan dengan gejal-gejala yang lainnya.

Mudah lelah dan penat
Untuk terakhirnya yaitu badan/tubuh akan terasa mudah lelah atau capek. Hal ini disebabkan seperti yang di atas yaitu karena kurangnya pasokan darah ke seluruh tubuh berkurang atau tidak normal. Supaya agar jantung anda tidak melemah sebaiknya lakukan rutin olah raga walaupun yang ringan-ringan saja. Selain itu hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, miras, candu atau yang lainnya. Namun imbangi juga dengan pola makan yang sehat dengan bahan-bahan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar