Entri Populer

Senin, 28 November 2011

Gejala batu ginjal

Batu ginjal dalam istilah kedokterannya disebut Nephrolithiasis atau Renal Calculi. Nephrolithiasis merupakan keadaan dimana terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis/calyces pada ginjal atau di dalam saluran ureter. Batu ginjal ini bisa terjadi di bagian mana saja pada saluran kencing. Pada umumnya hal ini terjadi di dua bagian terbanyak yaitu pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis. Pembentukan tersebut dapat dikarenakan dari kalsium, fosfat, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut di dalam urine.


Ukuran batu ginjal dapat bervariasi dari bersifat tunggal maupun ganda. Penyakit tersebut akan tinggal pada pasu ginjal atau akan masuk dalam ureter dan bisa merusak jaringan ginjal. Ukuran batu yang cukup besar bisa merusak jaringan dengan tekanan atau mengakibatkan obstruksi, sehingga terjadi aliran kembali cairan. Biasanya batu ginjal akan terjadi berulang-ulang kali.

Penyakit ini sering kita jumpai dari 1 : 1.000 orang, umumnya sering kita jumpai pada pria yang berumur 30-50 th dari pada wanita. Kemungkinan batu ginjal disebabkan dari urine yang menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang terkandung dalam urine membentuk kristal batu. Penyebab yang lain disebabkan dari infeksi, adanya obstruksi, kelebihan sekresi hormon paratiroid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan kadar asam urat (umumnya disertai dengan radang persendian), kerusakan metabolisme dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh, terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak menyerap kalsium.

Umumnya jika batu ginjal masih berukuran kecil akan keluar dengan sendirinya melalui pembuangan urin. Akan tetapi sebaliknya, jika batu gijal terlanjur berukuran besar dan tidak dapat melewati saluran urin akan berakibat sakit yang luar biasa. Hal tersebut dikarenakan akibat air kencing yang terbendung menyebabkan saluran kencing meregang. Berikut beberapa gejala yang dapat anda pakai sebagai pegangan untuk mengetahui keluhan tersebut ke gejala ini :
- Rasa meriang atau demam seperti gejala flu.
- Mual dan muntah.
- Bau air kencing yang lebih menyengat.
- Rasa sakit pada pinggang bawah baik satu sisi atau keduanya.
- Rasa panas atau terbakar saat kencing.
- Warna air kencing keruh.
- Nyeri dirasakan sampai ke pangkal paha.
- Terdapat darah pada air kencing.

Sebetulnya gejala diatas tidak terlalu spesifik bagi penentu adanya batu ginjal. Dikarenakan dari infeksi saluran kencing pun memberikan gejala yang serupa. Maka dari itu diharapkan jika anda merasakan gejala-gejala diatas, lebih baik anda segera konsultasi ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar